Minggu, 20 Mei 2012

KEUNGGULAN BUAH KELAPA YG PERLU ANDA KETAHUI


Manfaat buah kelapa
Satu lagi buah yang kaya manfaat dan mudah didapat. Ya, kelapa tidak hanya buahnya yang bisa dimanfaatkan, bahkan seluruh bagian pohon bisa dijadikan untuk berbagai keperluan.
Khasiat air kelapa muda untuk mengobati keracunan sudah dipraktekkan secara turun temurun oleh masyarakat di pedesaan. Begitu pula untuk ibu hamil, sering dianjurkan minum air kelapa muda supaya proses persalinan lebih mudah dan anak yang dilahirkan berkulit halus dan mulus.

Empat Bagian Buah Kelapa
Kelapa muda terdiri dari 4 bagian utama, yaitu sabut, tempurung (batok), daging buah, dan air kelapa. Daging buah mengandung berbagai macam zat gizi seperti karbohidrat, protein, vitamin A, B, C, dan E, yang jumlahnya tergantung pada tingkat kematangan kelapa.
Selain seratnya yang tinggi, daging kelapa muda juga rendah lemak dan kalori – bertolak belakang dengan saudara tuanya yang kaya lemak – sehingga cocok sebagai makanan diet.

Cairan Isotonik Kelapa
Sementara air kelapa muda dikenal sebagai minuman sehat yang alami. Letaknya yang terlindung oleh tempurung yang keras dan sabut kelapa yang tebal, menjadikan air kelapa sebagai minuman yang steril dan bebas dari segala bentuk kontaminasi, baik secara fisik dan kimia.
Itulah mengapa air kelapa muda layak disebut minuman isotonik karena komposisi zat gizi yang terkandung di dalamnya sangat mirip dengan komposisi cairan tubuh. Komposisi gizi ini sangat bervariasi, tergantung pada jenis dan umur kelapa. Selain memiliki vitamin C dan semua jenis vitamin B kompleks (kecuali vitamin B6 dan B12), air kelapa muda juga kaya mineral kalium, kalsium, magnesium, dan natrium.
Berbagai gangguan saluran kencing bisa diatasi dengan air kelapa muda, termasuk polyuria (sering kencing), stranguria (susah kencing) dan lain-lain. Efeknya pada masing-masing individu bisa bervariasi tergantung penyebab dan tingkat keparahannya.
Selain mengonsumsi obat-obatan dari dokter, pasien batu ginjal juga sering disarankan mengkombinasikannya dengan minum air kelapa muda. Efeknya plak atau kerak yang terbentuk di ginjal lebih mudah melunak dan dikeluarkan bersama air kencing.

Mitos Keliru
Ada mitos yang mengatakan jika terlalu bayak makan kelapa bisa menyebabkan infeksi cacing kremi, namun tidak pernah bisa dibuktikan secara ilmiah. Justru minum air kelapa muda dicampur 1 sendok teh minyak zaitun sebanyak 3 kali sehari bisa membasmi cacing kremi dari usus.
Untuk buah kelapa yang sudah tua, bisa dimanfaatkan untuk membuat minyak kelapa. Menurut para ahli kesehatan, menggoreng dengan minyak kelapa jauh lebih sehat dibanding dengan minyak sawit. Hanya sayang, sekarang ini mencari minyak kelapa sudah sangat sulit karena semakin jarang yang membuat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar