Senin, 04 Juni 2012

Alhamdulilah Ya...Tanjungpinang Raih Adipura

TANJUNGPINANG - Walikota Tanjungpinang, Suryatati A Manan sedang berbahagia. Pasalnya diakhir masa jabatannya, Kota Tanjungpinang berhasil kembali meraiah piala kebersihan Adipura.

"Alhamdulillah bisa meraih piala Adipura diakhir masa jabatan saya. Jadi selama kepemimpinan saya, cuma bobol satu tahun pada tahun 2008," ujar Tatik pada Tribun.

Ini menjadi piala Adipura selama empat kali berturut-turut sejak 2009 lalu. Tahun ini piala tersebut kembali akan diserahkan langsung oleh presiden di Istana Negara.

Tak hanya Tatik saja yang berbahagia, namun kegembiraan tersebut juga dirasakan para petugas kebersihan. Pasalnya seperti tahun sebelumnya, setiap meraiah Adipura maka para pasukan hijau akan menerima bonus.

Tak terkecuali tahun ini, namun besaran nilainya belum ditentukan. Tak hanya itu, ia berharap kedepan kesejahteraan para petugas kebersihan ini bisa ditingkatkan. Saat ini penghasilan bulanan mereka sebesar Rp 950 ribu per bulan.

Meskipun jumlah tersebut dibawah UMK, namun sesuai dengan pekerjaan mereka yang tak sampai delapan jam dalam satu hari. Setiap harinya para penyapu jalan hanya menghabiskan setidaknya empat jam untuk membersihkan jalan.

"Kalau gaji sudah sesuai dengan tingkat pekerjaannya. Tapi mereka masih perlu ditingkatkan kesejahteraannya, terutama untuk pendidikan anak-anak," sebut Tatik. Dimana anak para petugas kebersihan yang berprestasi dan ingin melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi bisa dibantu melalui beasiswa.

Ia berharap hal itu bisa diteruskan oleh penggantinya sebagai walikota mendatang. Termasuk meneruskan tradisi memperoleh Adipura. Karena secara tak langsung peraihan Adipura menjadi bukti bahwa masyarkat Tanjungpinang, memiliki budaya hidup bersih.

Kebahagiaan Tatik meraih Adipura tersebut juga akan dibagi bersama masyarakat. Piala tersebut akan diarak keliling kota , pada Rabu (6/6). Piala tersebut akan tiba pada hari itu, sekitar pukul 11.30 WIB.

Selanjutnya diarak melalui rute dari Bandara RHF  menuju Jl Adi Sucipto,  Jl DI Panjaitan,  Jl Ahmad Yani, Jl Pemuda, Jl Pramuka, Jl. Basuki Rahmat, Jl Wiratno, Jl Yos Sudarso, Usman Harun , H Agus Salim kemudian berbelok ke Jl Sumatera.

Juga akan melalui Tugu Pahlawan  Jl Dr. Sutomo lalu ke Ir Sutami, kemudian ke MT Haryono, Brigjen Katamso, Kemboja, Ketapang dan Teratai  kemudian ke M Yusuf Kahar dilanjutkan ke kawasan tepi laut dan berakhir di Anjung Cahaya.

Di titik finish tersebut akan digelar syukuran bersama para petugas kebersihan. Sekda, Tengku Dahlan mengajak para siswa khususnya untuk menyambut piala tersebut dengan mengibarkan bendera kecil di pinggir jalan yang dilalui. Disamping piala Adipura, Kota Tanjungpinang juga mendapat predikat pasar terbersih ke-2 se-Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar